Masih Relevankah Pernyataan Perpustakaan sebagai Jantung Universitas di Abad 21? Sebuah Tinjauan Kristis

Santi Kusuma

Abstract


Melalui tulisan ini penulis ingin memberikan tinjauan kritis terhadap pernyataan Charles W. Elliot yang menyatakan bahwa perpustakaan adalah jantung dari sebuah univesitas. Sesungguhnya, Perpustakaan universitas memiliki peran yang sangat kompleks dan memiliki fungsi yang lebih dari hanya sekedar organ jantung. Ia tidak berdetak, berdiri, serta berfungsi sendiri tanpa melibatkan fungsi dari organ lainnya. Oleh karena itu, perpustakaan harus melakukan fungsi yang juga dilakukan oleh organ-organ vital lainnya selain jantung. Ia harus bisa menjalankan tugasnya dan bergerak bersama secara harmonis di dalam suatu sistim sirkulasi akademik. Jika semua ini berjalan dengan baik maka ia dapat menggerakkan universitas sebagai satu kesatuan tubuh dalam mencapai visi dan misinya. Tubuh yang sehat tentu akan berfungsi dengan maksimal dan akan memiliki competitive advantages yang menghasilkan value proposition yang unggul. Oleh karena itu, perpustakaan perlu mendapatkan dukungan penuh dari universitas. Perpustakaan perlu mendapatkan nutrisi yang tepat agar dapat menjalankan fungsi dan peranannya sebagai bagian dari core-business sebuah perguruan tinggi.

Kata Kunci: fungsi perpustakaan; peran perpustakaan; peran universitas; peran pustakawan; peran perguruan tinggi; literasi informasi


Full Text:

PDF

References


Association of College and Research Libraries, Information Literacy Competency Standards for Higher Education (American Library Association, Chicago, IL, 2000). Available at: https://alair.ala.org/bitstream/handle/11213/7668/ACRL%20Information%20Literacy%20Competency%20Standards%20for%20Higher%20Education.pdf?sequence=1&isAllowed=y (accessed 23 June 2021).

Bruce, C. S. (1998). The seven faces of information literacy. Blackwood, S.A.: Auslib Press.

Chartered Institute of Library and Information Professionals (CILIP) (2018) A new definition of information literacy. Available online at: https://www.cilip.org.uk/news/421972/What-is-information-literacy.htm (accessed 23 June 2021).

Johnston, B., & Webber, S. (2003). Information literacy in higher education: A review and case study. Studies in Higher Education, 28(3), 335–352.

Ranaweera, P. (2008). Importance of information literacy skills for an information literate society. In proceedings NACLIS. Retrieved from http://eprints.rclis.org/archive/00014146/ (accessed 23 June 2021).

SCONUL. (2011). The SCONUL seven pillars of information literacy. A research lens for higher education.

SCONUL working group of information literacy. Retrieved from https://www.sconul.ac.uk/sites/default/files/documents/coremodel.pdf (accessed 23 June 2021).

Wilson, L. A. (2001). Information literacy: fluency across and beyond the university. In B. I. Dewey (Ed.), Library User Education: Powerful learning, powerful partnership.

Williams, D., & Coles, L. (2007). Teachers’ approaches to finding and using research evidence: An information literacy perspective. Educational Research, 49(2), 185-206. doi: 10.1080/00131880701369719


Refbacks

  • There are currently no refbacks.