Pemetaan Perpustakaan Sekolah di Lingkungan Majelis Pendidikan Katolik (MPK) Sumbagsel

Y. Rudi Kriswanto, Exnasius Bernanto, Christian S. Depari, Maria Tiurma Bona Sihombing, Chatarina Eka Oktavilia, N.M Sri Kusniwati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memetakan kondisi  dan keberadaan perpustakaan sekolah di lingkungan Majelis Pendidikan Katolik (MPK) Sumbagsel pada tingkat, SD, SMP, dan SMA/SMK. Melalui pemetaan ini, harapan-nya diperoleh suatu informasi atau gambaran umum tentang berapa besar capaian perpustakaan sekolah yang ada saat ini. Indikator yang digunakan dalam pemetaan ini yaitu instrumen akreditasi perpustakaan tahun 2018 yang berbasis Standar Nasional Perpustakaan (SNP). Variabel atau komponen yang digunakan yaitu koleksi, sarana dan prasarana, pelayanan, tenaga, penyelenggaraan & pengelolaan, dan komponen penguat. Jumlah sekolah yang menjadi subyek pemetaan yaitu SD: 8 sekolah; SMP: 9 sekolah SMA/SMK: 4 sekolah. Secara umum hasil pemetaan menunjukkan bahwa rata-rata pencapaian berdasarkan instrumen akreditasi, perpustakaan SD sebesar 58,88%; perpustakaan SMP 46,92%; erpustakaan SMA/SMK 53,03%. Selain itu, pada Perpustakaan SMP terdapat 4 variabel yang dinilai masih rendah atau lemah yaitu variabel koleksi, sarana dan prasarana, tenaga, dan penguat. Pada perpustakaan SMP dan SMA/SMK semua variabel dinilai rendah. Variabel tenaga dan penguat menjadi hal yang perlu perhatian khusus untuk pengembangan perpustakaan SMP dan SMA/SMK.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.